Selasa, 29 Desember 2015

PTI : "DASAR SISTEM KOMPUTER"

Input device adalah unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah Keyboard, mouse, joystick, touch pad, dan lain-lain.


Output device adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan suatu keluaran seperti gambar, kertas (hardcopy), suara, dll. Contoh dari output device adalah printer, speaker, monitor, dll.





 


External Storage adalah storage yang berfungsi untuk menyimpan data dari luar main storage dalam waktu yang sangat atau relatif lama, dan biasanaya external storage di gunakan untuk menampung data dalam jumlah yang sangat besar


 


                                                                                                                             





SKEMA DIAGRAM KOMPUTER


KONSEP DASAR SISTEM KOMPUTER
Pada dasarnya konsep dasar sistem operasi pada komputer di sangat luas pengertian dan fungsinya. ini dikarenakan perkembangan era globalisasi perangkat komputer yang semakin hari semakin besar dengan beredarnya produk atau merk yang ada dipasaran saat ini.

Sejarah komputer sangat panjang dari tahun ketahun semakin berkembang. dibawah ini rangkaian konsep dasar pada sistem komputer sebagai berikut :

1.  Komputer Generasi Pertama
Komputer generasi pertama dipergunakan kurang lebih pada tahun 1940-an dengan memanfaatkan teknologi tabung vakum. Beberapa komputer yang dikenal saat itu adalah ENIAC dan Mesin Von Neumann.


  • Eniac

ENIAC singkatan dari Electronic Numerical Integrator and Computer, yang dirancang dan dibuat di bawah pengawasan John Mauchly dan John Presper, merupakan komputer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama di dunia. Dengan berat 30 ton, volume 15.000 kaki persegi, berisi 18.000 tabung vakum dan daya listrik 140 kilowatt, ENIAC mampu melakukan 5000 operasi penambahan per detik.


  • Mesin von Neumann

Tahun 1946, von Neumann dan rekan-rekannya mulai melakukan perancangan stored- program komputer baru, dikenal sebagai komputer IAS. Struktur umum komputer IAS terdiri dari :

  1. Memori utama, yang menyimpan baik data maupun instruksi-instruksi dalam bentuk biner
  2. ALU yang memiliki kemampuan mengoperasikan data biner
  3. Control Unit, yang melakukan intepretasi instruksi-instruksi di dalam memori dan menyebabkan instruksi tersebut dieksekusi
  4. Peralatan I/O yang dioperasikan oleh Control Unit.


Gambar. 1.1 Struktur Komputer IAS

Memori IAS terdiri dari 1000 lokasi penyimpan, yang disebut word, yang masing-masing terdiri dari 40 binary digit (bit). Baik data maupun instruksi disimpan di sini. Sehingga bilangan harus dinyatakan dalam bentuk biner, dan instruksi juga harus berupa kode biner.

Gambar 1.2. Format Memori IAS

Gambar 1.2 menjelaskan format-format tersebut :
  • Setiap bilangan dinyatakan oleh sebuah bit tanda dan 39 bit nilai
  • Sebuah word dapat juga terdiri dari 20 bit instruksi, dengan masing-masing instruksi terdiri dari 8-bit kode operasi (op code) yang menspesifikasikan operasi yang akan dibentuk dan sebuah 12 bit alamat yang menandai salah satu word di dalam memori (bilangan dari 0 hingga 999).
  • Control unit mengoperasikan IAS dengan cara mengambil instruksi-instruksi dari memori dan mengeksekusinya sekaligus.
ALU merupakan singkatan dari Arithmetic Logic Unit dan terdiri dari 4 komponen, yaitu :
  • Akumulator (AC) dan Multiplier Quotient (MQ), yang digunakan untuk menyimpan sementara ' operand dan hasil operasi ALU. Misalnya, hasil perkalian dua buah bilan- gan 40 bit adalah sebuah bilangan 80 bit; 40 bit yang paling berarti disimpan di dalam AC, dan 40 bit yang kurang berarti disimpan di MQ.
  • Memory Buffer Register : berisi sebuah word yang akan disimpan di dalam memori atau digunakan untuk menerima word dari memori Arithmetic-Logic Circuits
Sedangkan komponen yang ada di dalam control unit adalah :
  • Memory Address Register (MAR): Menentukan alamat word di memori untuk dit- uliskan dari MBR atau dibaca ke MBR.
  • Instruction Register (IR): Berisi instruksi 8-bit op code yang akan dieksekusi.
  • Instruction Buffer Register (IBR): Digunakan untuk menyimpan sementara instruksi sebe-lah kanan word di dalam memori.
  • Program Counter (PC): Berisi alamat pasangan instruksi berikutnya yang akan diam- bil dari memori control Circuits
Komputer IAS memiliki 21 buah instruksi yang dikelompokkan seperti berikut ini :
  • Data transfer : memindahkan data di antara memori dengan register-register ALU atau antara dua register ALU
  • Unconditional branch : biasanya control unit mengeksekusi instruksi-instruksi di dalam urutan memori. Urutan ini dapat diubah dengan instruksi pencabangan yang memudahkan operasi repetitif
  • Conditional branch : cabang dapat diubah tergantung pada suatu persyaratan, jadi memungkinkan titik-titik keputusan
  • Arithmetic : operasi yang dibentuk oleh ALU
  • Address modify : memungkinkan alamat-alamat untuk dikomputasi dalam ALU dan kemudian disisipkan ke dalam instruksi-instruksi yang disimpan di dalam memori. Hal ini memungkinkan fleksibilitas alamat yang tinggi pada program.
Struktur komputer IAS inilah yang menjadi dasar pengembangan komputer-komputer pada era selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar