DEFINISI
MULTIMEDIA
·
Mc. Comick [1996] :
“Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text.”
·
Rosch [1996] :
“Kombinasi dari komputer dan video.”
·
Hofstekter [2001] :
“Multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan
komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan
menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi.”
·
Robin dan Linda [2001] :
“Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video.”
·
Turban, dkk. [2002] :
“Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan
output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks,
grafik dan gambar.”
PEMANFAATAN MULTIMEDIA
- Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Dengan multimedia dokter dapat
menganalisa penyakit pasien dan memantau kondisi pasien lewat detak jantung,
aliran darah, permukaan paru-paru melalui tampilan monitor . Pengunaan
sinar X untuk scanning tubuh manusia dapat ditampilkan pada layar
monitor. Selain itu, objek-objek yang sangat kecil (berukuran nano) dapat
dilihat melalui mikroskop yang terhubung ke komputer. Hal lain yang dapat
dilakukan dengan pemanfaatan multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit
pasien, penggajian karyawan RS dan mengelola persediaan obat-obatan.
- Bidang Pendidikan
Aplikasi multimedia pendidikan antara
lain sebagai perangkat lunak pembelajaran, memberikan fasilitas untuk mahasiswa
atau siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari multimedia, belajar jarak
jauh dan pemasaran pendidikan.
- Bidang Bisnis
Multimedia mempunyai peranan penting dalam bidang
bisnis karena dapat digunakan sebagai alat promosi. Dengan promosi yang
inovatif , kreatif dan interaktif , daya saing sebuah produk menjadi
lebih tinggi. Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indera dan
minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan.
Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat dan efektif dengan penampilkan sebuah
iklan yang menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, multimedia juga digunakan
dalam menampilkan grafik dan angka perkembangan saham, jangkauan pemasaran ,
data rahasia perusahaann dan informasi mengenai klien bisnis.
- Bidang Teknik
Di bidang teknik, multimedia
dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis
teknik. Simulasi yang digunakan dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan
tiga dimensi yang dapat membantu di bidang teknik industri, mesin dan sipil.
Sementara di bidang elektro, multimedia dapat menampilkan objek komponen
beserta karakteristiknya serta dapat menunjukkan hasil dari simulasi rangkaian
berupa tampilan gelombang , angka dan persamaan matematis.
- Bidang Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Dalam matematika dan penelitian ilmiah,
multimedia dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Sebuah objek
(zat atau makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat disimulasikan dalam bentuk
model untuk diteliti dan dikembangkan. Objek-objek tersebut dapat diteliti
dengan mempelajari tekstur, ukuran, dimensi dan karakternya dalam bentuk
multimedia berupa gambar, animasi dan bahkan suara.
- Bidang Seni dan Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam
industri hiburan, khususnya untuk memberikan efek khusus suara dan
gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi
dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam
game. Di kehidupan sehari-hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD
player dan MP3/MP4 player yang dapat menyuguhkan hiburan film,
musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita yang dimuat di televisi dan
internet bukan hanya berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi
dari sebuah simulasi kejadian.
- Bidang Tranportasi dan Komunikasi
Di bidang Tranportasi, multimedia
digunakan untuk menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau kapal laut.
Pada navigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah
gerak kapal. Untuk sistem navigasi pesawat dapat ditentukan ketinggian pesawat,
kondisi cuaca dan kecepatan angin pada monitor sistem navigasi. Sementara
di darat, jalur kereta serta pergerakan kereta dapat dimonitoring dalam suatu
tampilan monitor di ruang kendali pusat. Selain itu, dengan multimedia , kita
dapat mengetahui kondisi jalan dan posisi kita berada dalam suatu sistem yang
disebut GPS (Global Positioning System).
Multimedia dimanfaatkan dalam bidang
komunikasi untuk mempermudah manusia bertukar informasi. berbagai macam objek
dapat diolah dan dikirim dengan kemudahan melalui ponsel dan komputer. Sebuah
objek multimedia dapat dikirim dengan cepat dan mudah melalui fasilitas MMS
pada ponsel. Bahkan sekarang ponsel-ponsel berbasis android sangat
mudah dalam pengiriman pesan multimedia.
DEFINISI
VIRTUAL REALITY
Virtual Reality
adalah Teknologi yang
memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan
menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana 3-D (tiga dimensi)
sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar