DEFINISI
AI:
·
H. A. Simon [1987] :
“ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan
penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman
komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adlah cerdas”
“ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan
penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman
komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adlah cerdas”
·
Rich and Knight [1991]:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana
membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat
dilakukan lebih baik oleh manusia.”
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana
membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat
dilakukan lebih baik oleh manusia.”
·
Encyclopedia
Britannica:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.”
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.”
·
John McCarthy[1956] :
“AI adalah Untuk mengetahui dan memodelkan proses – proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.”
“AI adalah Untuk mengetahui dan memodelkan proses – proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.”
Tujuan dari kecerdasan buatan menurut
Winston dan Prendergast[1984]:
1. Membuat
mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)
2. Memahami
apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)
3. Membuat
mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)
PERBANDINGAN
AI DAN KECERDASAN MANUSIA
·
Keuntungan Kecerdasan Buatan dibanding kecerdasan
alamiah:
1. lebih
permanen
2. memberikan
kemudahan dalam duplikasi dan penyebaran
3. relatif
lebih murah dari kecerdasan alamiah
4. Konsisten
dan teliti
5. Dapat
didokumentasi
6. Dapat
mengerjakan beberapa task dengan lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia
·
Keuntungan Kecerdasan Alamiah dibanding
kecerdasan buatan:
1. Bersifat
lebih kreatif
2. Dapat
melakukan proses pembelajaran secara langsung, sementara AI harus mendapatkan
masukan berupa simbol dan representasirepresentasi
3. Fokus
yang luas sebagai referensi untuk pengambilan keputusan sebaliknya AI
menggunakan fokus yang sempit
BIDANG AI
1. System
pakar adalah suatu system yang dibuat berdasarkan orang yang benar -benar ahli
dalam bidang dan berpengalaman
2. Pengolahan
Bahasa Alami (natural language processing) adalah suatu bidang yang dimana ai
tersebut mengolah perintah bahasa sehari -hari ke dalamAI tersebut agar
melakukan sesuatu yang sesuai dengan perintah tersebut
3. Pengenalan
visual adalah suatu bidang AI yang mengubah hasil visual dalam komputer kita ke
dalam bentuk suara bidang ini juga berfungsi sebagai alat bantu bagi tunanetra
untuk membaca
4. Pengenalan
ucapan adalah suatu bidang AI yang mengubah bentuk suara dalam suatu format
file agar dapat dibaca dan sebalik na mengubah suatu text file menjadi suara
oleh penguna misal nya sepertitelpon untuk orang bisu dan tuli
5. Robotika
dan sensor adalah bidang AI yang berfungsi sebagai mendeteksi suatu keberadaan
benda sehingga AI tersebut dapat bergerak sesuai dengan program yang telah
dirancang
6. Computer
Vision adalah bidang AI yang berfungsi untuk mengetahui hasil inputan dan di
keluarkan dalam bentuk visual misal nya pengenalan pola sidik jari dan
pengenalan tulisan
7. Intelligent
computer-aided instruction adalah bidang AI yang berfungsi sebagai tutor atau
membantu dalam pembelajaran di bidang tertentu
8. Game
Playing adalah bidang AI yang dibuat dalam permainan misalnya Deep blue adalah
program AI yang dibuat untuk permainan catur
·
Soft Computing merupakan suatu inovasi
baru dalam membangun sistem cerdas
·
Metodelogi yang digunakan dalam Soft
Computing :
2.
Sistem Fuzzy :
teknik-teknik untuk pertimbangan di bawah ketidakpastian, telah digunakan
secara meluas dalam industri modern dan sistem kendali produk konsumen.
3.
Komputasi Evolusioner : menerapkan
konsep-konsep yang terinspirasi secara biologis seperti populasi, mutasi dan “survival of the fittest” untuk
menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik.
TOPIK DALAM AI
1. Cyborg,
singkatan dari Cybernetic Organism (Organisme Sibernetik). Istilah ini
diciptakan oleh Manfred Clynes pada tahun 1960 guna menggambarkan kebutuhan
manusia untuk meningkatkan fungsi biologis artifisial dalam bertahan hidup pada
ruang lingkup dari lingkungan yang tak bersahabat.
Setelah
harus kehilangan tangan akibat kecelakaan kerja, Nigel Ackland, akhirnya dapat
bernafas lega mesti tidak memiliki tangan sesungguhnya ia memiliki tangan
cyborg layaknya ‘Terminator.’
Ackland mampu menggerakan tangan cyborg melalui otot tangannya yang masih
tersisa. Luar biasanya, bahkan kelima jarinya pun dapat bergerak, dan
mencengkram, memengang gelas ataupun mencubit.
2. Artificial
life : sebuah bidang studi yang melibatkan sistem berhubungan dengan kehidupan,
proses-prosesnya, dan evolusi melalui bentuk simulasi. Artificial life dapat
menggunakan model computer, robot, dan lainnya. Artificial life
mengimitasi/meniru biologi alam dengan mencoba untuk menciptakan suatu fenomena
biologis.
Contoh
game komputer Artificial life adalah The Sims. Pemain dari The Sims dapat
menentukan warna kulit, bentuk badan yang diinginkan, sifat/kepribadian yang
dapat di-adjust, jenis pekerjaan yang diinginkan secara virtual. Pemainnya juga
dapat menentukan bagaimana cara tokoh The Sims-nya bersosialisasi, serta
mengatur mood The Sims.
3. Machine
Learning : cabang
dari kecerdasan buatan, adalah
disiplin ilmu yang mencakup perancangan dan pengembangan algoritma yang memungkinkan
komputer untuk mengembangkan perilaku yang didasarkan pada data empiris,
seperti dari sensor data basis data. Sistem
pembelajar dapat memanfaatkan contoh (data) untuk menangkap ciri yang
diperlukan dari probabilitas yang mendasarinya (yang tidak diketahui).
Search engine adalah salah satu fasilitas
internet yang dijalankan melalui browser untuk mencari informasi yang kita
inginkan. Search engine menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang
jumlahnya milyaran halaman web, cukup dengan memasukkan kata kunci-nya maka
search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan
keterangan singkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar