Senin, 28 Desember 2015

PTI : "DASAR TEKNOLOGI INFORMASI"

A.    PENGERTIAN TEKNOLOGI NFORMASI
Istilah teknologi informasi (TI) mulai popular di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi computer atau pengolahan data elektronik (electronic data processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware), computer, komunikasi, dan elektronik digital.
Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.. TI yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakanna dalam segala aktifitasnya. TI tidak dapatdipisahkan dari teknologi komunikasi. Istilah TI sering disambung dengan istilah komunikasi sehingga yang sering terdengar adalah istilah teknologiinformasi dan komunikasi (TIK). Padahal kedua istilah tersebut memiliki perbedaan.
TI  lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh, teknologi ini lebih mengedepankan segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan sebagai pengolah informasi. Sedangkan pada teknologi komunikasi ditekankan pada bagaimana suatu hasil data dapat disalurkan disebakan dan ditempatkan ditempat tujuan. TI berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan computer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi lektronika, system transmisi dan system modulasi, sehingga informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat. Teknologi informasi dan teknologi telekomunikasi menjadikan
Dasar sistem Teknologi Telekomunikasi adalah isyarat/signal yang bisa berbentuk analog atau digital.
 






                                                  Signal analog



                                                                    Signal digital


B. PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI INFORMASI
·         Teknologi masukan
Teknologi masukan (input technologi) adalah teknologi yang berhubungan dengan pealatan untuk memasukan data kedalam system computer. Contoh:keyboard, mouse.
·         Mesin pemroses
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU , mikroprosesor ata prosesor. CPU merupakan bagian system computer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengatur pengolahan tersebut.
·         Teknologi penyimpanan
Teknologi pnyimpanan data ini dibedakan menjadi dua kelompok yaitu:
a.       Memori internal
Berfungsi sebagai pengingst sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Contoh: RAM dan ROM.
b.      Memori eksternal
Sebagai piranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Contoh: hardisk, disket, flashdisk.
·         Teknologi keluaran
Teknologi keluaran adalah teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi menyajikan inforasi hasil pengolahan system. Contoh: layar dan monitor.

C.  Komponen Sistem Teknologi Informasi
      System teknologi informasi adalah system yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Komponen utama system teknolog informasi yaitu:
  • Perangkat keras (hardware)
  • Perangkat lunak (software)
  •  Orang (brainware)


D. Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi
     Menurut fungsi system :
·         System teknologi infrmasi yang melekat adalah system teknologi informasi yang melekat pada produk lain.
·         System teknologi yang khusus adalah teknolgi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contoh: atm
·         System informasi serbaguna adalah system teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan barbagai aktifitas yang bersifat umum. Contoh: PC
     Menurut ukuran :
·         Super computer merupakan jenis computer yang memiliki kecepatan proses paling cepat.
·         Mainframe bisa juga disebut computer besar merupakan jenis computer yang digunakan pada perusahaan skala besar untuk menangani pemrosesan data dengan skala yang besar.
·         Workstation merupakan mesin yang powerfll artinya dikomputer ini segala pekerjaan diselesaikan
·         Mikrkomputer mrupakan computer personal (PC) yang umumnya single user atau stand alone.

E. PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI
     1. Fungsi operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi.
     2. Fungsi monitoring and control menjadikan  bagian yang tak terpisahkan dalam aktivitas dilevel manajerial embeddeddidalam setiap fungsi manajer.
     3. Fungsi planning and decision mengangkat teknologi informasi ketataran peran yang lebih strategis
     4. fungsi communication dimana teknologi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi,berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar